Rabu, 06 Oktober 2010

Botnet Ancam Pengguna Skype

Ada kekhawatiran bahwa jaringan Skype menjadi bagian dari perangkat komunikasi "botnet". Botnet adalah anggota dari jaringan besar yang
suatu waktu dapat diaktifkan untuk kegiatan kejahatan tertentu seperti melancarkan DDOS. Botnet biasanya diaktifkan dari lokasi remote melalui komunikasi IM atau IRC. Apabila PC terinfeksi dengan botnet, melalui aplikasi trojan, maka PC tersebut akan menjadi seperti zombie yang dapat diperintah untuk melakukan apa saja oleh masternya. Dengan mempelajari cara jaringan IM atau IRC berkomunikasi, kemungkinan besar kita dapat menemukan pesan-pesan khusus yang dikirim antara botnet dengan masternya. Apabila kita tidak dapat menemukan pesan-pesan tersebut, maka kita tidak dapat menghentikan botnet.

Sampai detik ini tercatat aplikasi Skype telah di-download sebanyak 243.656.492 kali, dengan total pengguna yang mencapai kurang lebih 40 juta pengguna di seluruh dunia. Jaringan Skype tidak hanya terdapat di LAN warnet saja, melainkan juga terdapat di LAN sekolah, universitas, lingkungan LAN perusahaan juga pemerintahan. Penetrasinya yang cepat dan meluas dapat menjadi daya tarik yang kuat bagi para botmaster untuk dapat segera memanfaatkannya. Adalah Jon Crowfort, Marconi professor of communication systems di Cambridge University, yang mengutarakan tentang ancaman ini di Communications Research Network (CRN).

Kendatipun nampaknya ancaman ini amat serius, Miercom anggota Network World Lab Alliance, menjelaskan bahwa sampai saat ini baik Skype IM maupun VoIP belum dapat dikatakan sebagai ancaman keamanan. Miercom telah mewawancarai berbagai pihak dan melakukan berbagai tes yang keseluruhannya menunjukkan bahwa jaringan Skype tidak mudah untuk dibajak. Tetapi mereka pun menjelaskan bahwa kemungkinan itu memang betul ada dan sangat mungkin dikemudian hari akan ada yang mampu mengeksploitasi kekurangan jaringan Skype.

Miercom menambahkan bahwa yang dikhawatirkan oleh departemen IT perusahaan tentang Skype sebenarnya bukan keamanan, tetapi ketertutupannya yang mengarah pada sesuatu yang sulit dikendalikan. Skype adalah produk yang sifatnya tertutup, baru dan tidak terstandarisasi, namun handal dan menunjukkan kebolehannya dalam mempermudah para penggunanya memanfaatkan layanan IM dan VoIP. NAT dan firewall tidak masalah bagi Skype, berbagai produk dan konfigurasi firewall telah dicoba dan tampaknya Skype selalu menemukan jalan untuk dapat menembusnya.

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.